SEO (search engine optimization) atau optimalisasi mesin pencari sering disebut juga pencarian non iklan, pencarian organik atau pencarian tak berbayar dari suatu mesin pencari (Google, Yahoo dan MSN) dengan memanfaatkan mekanisme kerja mesin pencari. SEO sebuah strategi, teknik atau upaya yang dilakukan oleh seorang pengelola web untuk mendompleng websitenya agar berada di urutan teratas di hasil pencarian. Urutan teratas pada mesin pencarian akan berpeluang untuk mendapat banyak pengunjung secara gratis.Secara sederhana bila kita menuliskan kata kunci di pencarian misal Google, website yang teroptimalkan dengan baik dari segi SEO akan muncul di hasil pencarian 1-4 teratas, peluang untuk mendapatkan pengunjung akan lebih banyak dibanding dengan yang berada di bawah karena biasanya pengunjung akan membuka website yang paling atas terlebih dahulu.

SEO dan Peranannya

                       SEO dan Peranannya

Untuk sebuah bisnis manfaat SEO sebagai penunjang dalam pemasaran secara internet marketing di antaranya: mendapatkan lebih banyak pengunjung web yang mencari keyword sesuai dengan produk yang dipromosikan jika itu sebuah produk sehingga jumlah customer akan naik, meningkatkan Brand awareness produk yang sering dicari orang tentu yang mempunyai brand terkenal bila sering orang mengunjungi sebuah website yang digunakan untuk promosi produk, memperbesar kemungkinan peningkatan intensitas penjualan supaya semakin banyak dan menumbuhkan citra baik di mata pengunjung akan suatu produk.

Apa saja yang dilakukan dalam kegiatan SEO itu?
Ada dua kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan SEO yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page kegiatan pengoptimalan website yang berasal dari website itu sendiri seperti mengubah konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, menambah keterangan pada gambar, menambah keterangan yang sesuai dengan website, mengatur URL, penggunaan Heading dengan baik dan membangun link. SEO off page upaya pengoptimlan website yang dilakukan dari luar website dengan menggunakan link dari media lain di antaranya: link dari media sosial (facebook, instagram, Google+, youtube dan Twitter), link dari komentar di blog orang lain, link dari web propertis (wordpress dan blogsport) dan lain-lain.

Tujuan SEO adalah mengoptimalkan hasil pencarian agar web mempunyai rangking teratas, lalu bagaimana sebuah mesin pencari sebut saja Google bisa menemukan web yang paling relevan dengan kata kunci atau keyword yang seseorang ketik. Dalam hal pengurutan rangking pihak Google mempunyai kurang lebih 200 faktor sebagai bahan acuan di antaranya: umur domain semakin lama domain bisa menjadi indikator telah banyak konten yang dimuat di dalamnya walapun hal itu belum pasti karena bisa saja sebuah web dibuat lama tanpa konten yang di update, penggunaan keywoars pada domain walaupun hal ini hanya sedikit berpengaruh namun keywords digunakan sebagai penunjuk bahwa sebuah domain relevan dengan kata kunci, penggunaan keyword dikata pertama penggaruhnya lebih dari sisi SEO daripada keyword yang diletakkan di bagian tengah atau akhir, domain dengan ekstensi negara misalnya .co.id akan membantu meningkatkan rangking website di negara tersebut tapi akan terbatas untuk rangking secara luas

Mesin pencari mempunyai cara kerja yang erat hubungannya dengan SEO. Mesin pencari (Google) memiliki algoritma yang merupakan sistem yang memanjakan penggunanya. Cara kerja algoritma Google membaca konten dan gambar pada sebuah halaman website, mengetahui outbound link, mengetahui internal link dan dapat membaca backlink. Untuk mempermudah SEO Google memperkenalkan sitemap berbasis XML standar Google dan memberikan aplikasi webmaster tool
Cara kerja SEO pada Yahoo search engine pada penentuan prioritas halaman Yahoo mengacu pada SEO on page yang dimiliki oleh sebuah situs seperti judul yang relevan dengan kata kunci, konten halaman, diskripsi dari setiap konten yang ditampilka, link yang terkait pada situs dan konten yang unik dalam arti tidak copy paste melainkan konten yang benar-benar orisinil. Pada mesin pencarian Yahoo daftar rangkingnya selalu berubah-ubah dan tidak statis menyesuakan analisis yang dilakukan oleh pihak Yahoo. Program site explorer disediakan oleh Yahoo! Untuk mempermudah SEO  dan Peranannya  dalam pengoptimalan web. Keuntungan yang didapat dengan mengunakan Site Explorer SEo dapat mengecek jumlah halaman, mendaftar URL, dan melihat informasi link yang masuk

Cara kerja SEO pada MSN. MSN sebagai mesin pencari peringkat tiga dengan nama MSN search , MSN memakai algoritma yang berbeda dari Google dan Yahoo yaitu laba-laba halaman pertama berada di Web situs yang ingin menempati tingkat pertama harus spider , database, berat pada meta teg dalam kasus ini dapat digunakan oleh SEO untuk memanipulasi hasil pencarian jika ingin optimal di MSN buat meta tag yang ditulis dengan baik dan kata kunci adalah komponen utama pada MSN. Meta teg sendiri adalah informasi tentang konten yang terdapat pada suatu halaman web dengan kombinasi kata kunci. Kelemahan dari algoritma MSN adalah adanya webmaster yang memanipulasi meta tage sehingga menimbulkan ke salahan pada hasil pencariannya hal itu membuat pengguna internet yang mengharapkan informasi yang sesuai dari situs ini kecewa nama MSN pun sering terlupakan kalah dengan Google dan Yahoo.

Sejumlah webmaster dan SEO belakangan telah mengembangkan metode yang memanfaatkan cara kerja sistem algoritma supaya halaman web berada pada peringkat satu hasil pencarian untuk itu Google yang mesin pencari lain telah melarang penggunaan beberapa teknik illegal seperti keywoard stuffing, scraper pages, doorway pages dan link farming. Google bahkan mengancam situs yang masih menggunakan teknik di atas akan di hapus indek pencariannya. Telah banyak kasus pencabutan yang di lakukan pihak Google sebut saja Traffic Power 2005 dan BMW dan Richo Jerman 2006. Sebenarnya SEO bukanlah teknik yang ilegal selama dipergunakan dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Bagaimana pun juga pembatasan teknik ini dilakukan oleh pihak mesin pencari untuk menjamin situs web memperoleh kesempatan yang sama muncul di halaman utama sehingga penilaiannya juga objektif berdasarkan kualitas konten yang dimuat.
Tokoh yang dikenal dalam dunia SEO di antaranya: Danny Sullivan pendiri situs Search Engin Watch, Matt Cutts dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google karena pada blognya sering menuliskan informasi mengenai perkembangan Google karena Matt Cutts merupakan pegawai Google semenjak 2001 dan Vannesa Fox seorang webmaster dan merupakan mantan kariyawan Google.

Untuk orang yang belum mengerti benar mengenai SEO dan Peranannya akan terlihat sulit dalam melakukannya karena memahami SEO berarti menerapkannya. Melakukan pengoptimalan website di SEO harus dilakukan secara berkala karena mesin pencari seperti Google selalu melakukan pembaharuan setiap saat. Sah-sah saja menggunakan SEO untuk menunjang rangking pencarian dari sebuah website tapi yang benar-benar perlu adalah membuat konten yang berkualitas untuk dimanfaatkan pembaca dengan begitu tanpa didompleng website tersebut akan muncul di hasil pencarian halaman pertama dengan sendirinya.