inilah Obyek wisata di Garut paling menarik serta populer – Halo teman dekat backliinko. com! Anda sukai berjalan-jalan atau berwisata? Pada saat ini saya juga akan berbagi penjelasan singkat sekitar obyek wisata di Garut paling menarik serta popular yang pas untuk Anda kunjungi di akhir minggu, libur sekolah, cuti, libur Natal, th. baru atau libur lebaran.

Obyek wisata di Garut terakhir makin ramai dikunjungi oleh wisatawan asing ataupun wisatawan lokal. Alam Garut yang begitu indah serta penduduknya yang ramah buat pengunjung obyek wisata di Garut terasa senang berjalan-jalan ke Garut.

Obyek wisata di Garut paling menarik serta populer

    Obyek wisata di Garut paling menarik serta populer

Kabupaten Garut juga mempunyai sebagian oleh-oleh ciri khas seperti dodol Garut, opak Bungbulang, Chocodot, burayot, kerupuk kulit atau dorokdok, comring backliinko, jaket kulit serta bermacam kerajinan kulit dari Sukaregang Garut.

Jadi sepulang berkunjung ke obyek wisata di Garut dengan keluarga atau teman dekat terkasih, sahabat backliinko. com dapat segera memborong oleh-oleh ciri khas Garut yang ada di selama jalan Tarogong arah menuju Bandung.

Diluar itu, sahabat dapat juga meluangkan saat untuk belanja di Pengkolan, yakni pusat berbelanja barang serta baju yang berada di Garut.

Baiklah, lansung saja simak penjelasan sekitar obyek wisata di Garut paling menarik serta popular di bawah ini :

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terdapat di Garut sisi selatan, yakni di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. gunung Papandayan adalah satu diantara obyek wisata alam paling baik di Garut. Gunung Papandayan ada pada ketinggian 2665 mdpl.

Pesona gunung Papandayan

Letak gunung Papandayan tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Garut. Dari terminal Guntur Garut bisa ditempuh memakai angkutan kota hingga alun-alun Cisurupan dengan saat tempuh tidak lebih dari 1 jam.

Dari alun-alun Cisurupan bisa memakai ojek atau colt buntung supaya cepat hingga di areal umum Taman Wisata Alam Papandayan.

Jalur pendakian gunung Papandayan begitu landai, pas didaki oleh pendaki pemula ataupun anak-anak. Di Taman Wisata Alam Papandayan ada banyak tempat menarik seperti Kawah Papandayan, Rimba Mati, areal camping Pondok Saladah serta padang edelweis Tegal Alun.

Rimba Mati Papandayan

Pendaki gunung, penggemar alam atau rombongan keluarga yang datang ke TWA Papandayan bukan sekedar dari Indonesia, namun banyak pula pengunjung atau wisatawan dari luar negeri. Mereka berniat datang ke gunung Papandayan karna obyek wisata di Garut ini seringkali jadikan tempat shoting acara petualangan sebagian stasiun tv swasta nasional.

Silakan baca artikel saya terlebih dulu gunung Papandayan benar-benar indah serta menarik.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray ada pada ketinggian 2821 mdpl. Gunung Cikuray di kenal dengan julukan “negeri diatas awan” karna saat pagi mendekati, hamparan awan tidak tipis melingkari puncak gunung yang begitu indah itu.

Gunung Cikuray ada di lokasi Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang serta Kecamatan backliinko.

Bangunan tua di puncak gunung Cikuray Garut

Ada tiga jalur pendakian gunung Cikuray yang umum dipakai, yakni jalur pendakian gunung Cikuray lewat Pemancar Cilawu, jalur pendakian gunung Cikuray lewat Bayongbong serta jalur pendakian gunung Cikuray lewat Cikajang.

Gunung Cikuray adalah gunung teratas di Kabupaten Garut, track pendakiannya lebih terjal jika dibanding dengan track pendakian gunung Papandayan. Puncak gunung Cikuray bisa ditempuh dengan jalan kaki kurun waktu yang relatif singkat yakni 4 – 6 jam.

Di akhir minggu atau hari libur, puncak gunung Cikuray senantiasa dipadati oleh pendaki serta penggemar alam dari beragam daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karna alamnya bersahabat, tracknya tidaklah terlalu panjang tetapi mempunyai pesona keindahan yang mengagumkan.

3. Gunung Guntur

Gunung Guntur adalah gunung teratas ke-3 sesudah gunung Cikuray serta gunung Papandayan. Gunung Guntur ada di sekitaran Kecamatan Leles. Bila dari arah Bandung ada samping kanan sebelumnya alun-alun Tarogong Garut.

Gunung Guntur

Jalur pendakian gunung Guntur berlainan dengan jalur pendakian gunung Cikuray serta jalur pendakian gunung Papandayan, jarak ke puncak Guntur tidaklah terlalu jauh namun tracknya susah karna melalui jalur pasir. Jalan dua langkah, dapat kembali satu langkah. Demikianlah selanjutnya hingga di puncak.

Gunung Guntur adalah obyek wisata di Garut paling gersang, hampir tak ada tumbuhan di lokasi gunung yang satu ini. Oleh karenanya, tidak sering ada pendaki yang lakukan pendakian pada siang hari. Umumnya mereka lakukan pendakian pada sore hari atau malam hari.

Gunung Guntur

Di kaki gunung Guntur ada air terjun atau sebutan orang-orang setempat yakni Curug Citiis. Ditempat ini pengunjung dapat beristirahat sebelumnya meneruskan perjalanan menuju puncak Guntur yang begitu indah.

Dari puncak tampak terang Situ Bagendit, gunung Cikuray, tempat wisata Cipanas Garut dan bebrapa tempat tinggal masyarakat serta pertokoan di kota Garut.

4. Situ Bagendit

Situ Bagendit terdapat di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit bisa ditempuh dari pusat kota Garut sejauh 13 km dengan saat perjalanan sekitaran 30 menit.

Situ Bagendit yaitu satu danau yang di sekitarnya ada persawahan serta bebrapa tempat tinggal masyarakat. Obyek wisata di Garut yang satu ini tawarkan panorama alam yang menarik serta menarik.

Situ Bagendit Banyuresmi

Pengungjung bisa temukan banyak aktivitas seperti manaiki rakit bambu, sepeda air, canoe, memancing serta jet ski.

Sarana obyek wisata di Garut ini lumayan komplit dan mempunyai daya tarik sendiri hingga tidaklah heran bila situ Bagendit jadi maksud wisata keluarga paling menarik serta populer di Garut.

5. Situ serta Candi Cangkuang

Situ Cangkuang terdapat di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Ditempat ini ada satu candi peninggalan Hindu di Garut. Candi Cangkuang berdiri mulai sejak jaman kerajaan Sunda pertama.

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang serta Candi Cangkuang adalah obyek wisata di Garut paling menarik yang tetaplah terpelihara sampai saat ini.

Candi Cangkuang

Nama Cangkuang datang dari nama desa di kecamatan Leles, Garut, yakni desa Cangkuang. Sedang nama desa Cangkuang sendiri datang dari nama satu pohon bernama pohon Cangkuang yang tumbuh di sekitaran makam Embah Dalam Arif Muhammad.

6. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas Cipanas adalah obyek wisata di Garut paling popular. Air yang dibuat dari panas bumi jadi keunikan kolam-kolam pemandian di lokasi Cipanas Garut.

Cipanas Garut

Cipanas berada tidak jauh dari alun-alun Tarogong, pemandian air panas Cipanas bisa ditempuh memakai angkot berwarna cokelat dari alun-alun Tarogong dalam sebagian menit saja dengan tarif Rp. 3. 000, 00.

Di Cipanas ada banyak penginapan serta hotel berbintang yang umum jadikan tempat pertemuan, diklat atau kursus.

Sarana pemandian air panas Cipanas telah diperlengkapi dengan permainan air modern seperti water boom dsb. Cipanas yaitu obyek wisata di Garut yang begitu pas dikunjungi oleh rombongan keluarga, perusahaan ataupun anak sekolah.

Bila akhir minggu atau hari libur, tempat wisata Cipanas Garut senantiasa dipadati oleh pengunjung yang berniat datang dari luar kota. Cipanas ada tidak jauh dari gunung Guntur, yakni persisnya ada di kaki gunung Guntur.

7. Pemandian Air Panas Darajat

Tidak lain jauh dengan pemandian air panas Cipanas, kolam pemandian air panas Darajat juga tawarkan kolam pemandian air panas alami dan penginapan.

Darajat

Pemandian air panas Darajat ada di dataran tinggi, yakni di lokasi kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Seperti di ketahui dengan kalau lokasi Samarang ini seringkali jadikan tempat shuting FTV.

Dahulu saat saya bertandang ke Darajat, disana ada wahana outbond flying fox dengan tarif Rp. 10. 000, 00. Panorama alam di lokasi Darajat yang begitu indah sudah membuatnya jadi maksud wisata keluarga yg tidak kalah menarik dari obyek wisata di Garut yang lain.

8. Kawah Putih Talaga Bodas

Talaga Bodas berarti danau putih. Kawah Putih Talaga Bodas adalah obyek wisata di Garut yang mempunyai keindahan alam begitu menarik serta memikat.

Talaga Bodas

Talaga Bodas yaitu satu diantara obyek wisata di Garut yang tawarkan pesona alam pegunungan, udara fresh serta perbukitan hijau yang menarik.

Di obyek wisata Garut ini, Anda bisa berendam air panas, sebab di Talaga Bodas ada beberapa bak rendam air panas yang bisa Anda nikmati.

Air panas di Kawah Putih Talaga Bodas mempunyai kandungan belerang yang tinggi serta bermanfaat menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik serta membuat lancar peredaran darah. Kawah Putih Talaga Bodas juga jadi maksud wisata keluarga paling menarik di Garut.

9. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk yaitu obyek wisata di Garut yang begitu pas dikunjungi oleh beberapa penggemar berolahraga alam bebas, yang suka arung jeram atau rafting.

Arung jeram sungai Cimanuk

Jeram-jeram sungai Cimanuk serta aliran air sungainya yang deras bisa mamacu adrenalin serta menyingkirkan kejenuhan bekerja keseharian.

Pemandangan alam di selama sungai Cimanuk begitu indah hingga di samping lakukan aktivitas rafting yang mengasyikan, sahabat backliinko. com bisa nikmati panorama alamnya yg tidak menjemukan.

10. Tebing Alam Batu Tumpang

Tebing alam Batu Tumpang ada di lokasi Kecamatan Cikajang. Bisa ditempuh dari kota Garut sekitaran 1 jam. Batu Rubuh juga akan didapati waktu menuju obyek wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan.

Tebing alam Batu Tumpang ada di lokasi perkebunan, udaranya sejuk serta bebas polusi. Rumah-rumah warga ada tidak jauh di sekitaran tempat wisata Batu Tumpang. Panorama alam di sekitaran Batu Tumpang nyaris serupa dengan lokasi Puncak Bogor.

Panjat tebing alam Batu Tumpang

Di sekitaran obyek wisata Batu Tumpang ada warung-warung warga sekitaran yang jual bermacam makanan dengan harga standard. Di akhir minggu, beberapa penggemar alam berniat datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing.

Kekhasan Batu Tumpang yakni ada pada batu yang menumpang, karenanya juga obyek wisata di Garut yang satu ini diberi nama Batu Tumpang.

Bila Anda akan berwisata ke Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk, coba berkunjung di obyek wisata menarik di Garut tempat menguji nyali beberapa petualang sejati, tebing alam Batu Tumpang Cikajang.

11. Pantai Santolo

Pantai Santolo atau pantai Cilauteureun ada di Kecamatan Cikelet Pameungpeuk Kabupaten Garut lokasi Selatan. Pantai Santolo adalah obyek wisata pantai paling menarik serta popular di Garut.

Pantai Santolo Pameungpeuk

Di pantai Santolo pengunjung juga akan dimanjakan dengan panorama yang menarik, terutama di saat matahari tenggelam. Ditempat ini ada tempat pelelangan ikan (TPI), pengunjung bisa beli ikan fresh lantas dibakar di situ atau beli ikan bakar yang telah siap saji.

Ada tidak jauh dari pantai Cilauteureun ada pulah kecil yang dimaksud pulau Santolo. Pulau Santolo bisa dijangkau memakai perahu tongkang dengan menyeberangi muara sungai sekitaran 10 mtr..

Di lokasi pantai Santolo juga ada banyak tempat tinggal makan yang tawarkan ikan bakar serta makanan laut (seafood) siap saji. Berada tidak jauh dari pantai ada penginapan dengan tarif lumayan murah, yakni sekitaran Rp. 200. 000, 00 dan ada tempat peluncuran roket punya LAPAN.

12. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang adalah obyek wisata di Garut yang ada di lokasi Pameungpeuk, tempatnya tidak jauh dari pantai Santolo. Yakni berjarak sekitaran 87 km dari pusat kota Garut dengan saat tempuh sekitaran 3, 5 jam perjalanan.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang tidak kalah menarik dari Pantai Santolo ataupun pantai Rancabuaya Bungbulang Garut.

Pasirnya yang bersih serta hamparan karang yang luas buat pengunjung kerasan terlalu lama di obyek wisata Garut yang satu ini.

Di bibi pantai ada banyak pohon yang teduh, hingga dapat jadikan tempat berteduh sembari melihat deburan ombak laut dan burung-burung terbang di atasnya.

13. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya yaitu satu diantara obyek wisata di Garut, persisnya terdapat di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia.

Pantai Rancabuaya Bungbulang

Pantai Rancabuaya adalah satu diantara tempat wisata pantai yang mempunyai batu-batu karang besar. Tempat wisata Garut ini segera bersebelahan dengan Samudera Hindia hingga mempunyai ombak yang cukup besar.

Yang menarik dari pantai ini yaitu banyak batuan karang yang cukup besar, juga ada tebing batuan yang cukup tinggi serta yang istimewa dari pantai ini yaitu ada air terjun atau seringkali dimaksud Curug yang segera menghadap ke pantai.

Hal-hal lain yang menarik yakni banyak ikan-ikan kecil yang terjebak di karang-karang yang terikut oleh ombak. Pantai Rancabuaya adalah type pantai berbatu karang hingga kurang pas untuk berenang.

14. Taman Satwa Cikembulan

Taman satwa Cikembulan terdapat di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat. Letaknya berdekatan dengan tempat wisata Situ Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut.

Taman Satwa Cikembulan adalah taman satwa pertama serta hanya satu di Garut. Taman Satwa Cikembulan yaitu obyek wisata fauna di Garut yang dikelola oleh PT. Andis.

Taman Satwa Cikembulan Kadungora

Obyek wisata fauna di Garut ini mempunyai beragam type species binatang seperti mamalia reptil, burung, dan kera.

Taman Satwa Cikembulan begitu pas jadi maksud wisata mendidik untuk pelajar serta keluarga yang suka pada bertandang ke kebun binatang.

Untuk wisatawan dari luar kota yang menginginkan beristirahat serta nikmati berlibur di desa wisata Cikembulan, pengelola juga sediakan sarana penginapan di sekitaran taman satwa Cikembulan.

15. Curug Citiis

Curug Citiis yaitu obyek wisata di Garut berbentuk air terjun yang terdapat di kaki gunung Guntur. Curug Citiis bisa dijangkau dengan jalan kaki ataupun turut menampang pada kendaraan pengangkut pasir.

Curug Citiis

Citiis berarti air dingin. Tidaklah heran bila di Curug Citiis airnya begitu dingin karna sesuai sama namanya yakni Citiis yang ada di lokasi pegunungan.

Curug Citiis mempunyai pesona alam yang menarik, di curug ini pengunjung dapat berendam atau mandi dibawah derasnya air curug.

Bila di akhir minggu, obyek wisata di Garut ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun pendaki gunung Guntur yang berniat istirahat atau berkunjung untuk membawa persediaan air minum di Curug Citiis.

16. Curug Orok

Obyek wisata di Garut yang satu ini diberi nama Curug Orok karna menurut narasi orang-orang setempat pada th. 1968 ada seseorang wania muda yang buang bayinya (orok) dari puncak air terjun.

Curug ini mempunyai 2 curug, curug besar melambangkan sang ibu sedang curug kecil melambangkan bayi naas itu.

Curug Orok

Curug Orok mempunyai ketinggian 45 m, adalah obyek wisata di Garut yang popular serta mempunyai daya tarik wisata mulai sejak 21 April 1996.

Curug Orok terdapat di desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Tempat wisata di Garut ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara serta dipunyai oleh PT. Perkebunan Papandayan.

Tempat wisata Curug Orok beroperasi mulai jam 09. 00 s/d 16. 30 WIB.

Tersebut penjelasan singkat tentang 16 obyek wisata di Garut paling menarik serta populer yang pas untuk maksud wisata keluarga atau teman dekat dekat. Mudah-mudahan info mengenai obyek wisata popular di Garut ini berguna, terima kasih sudah bertandang. Selamat liburan!