Lebih Penting Mana  Offisite atau Onsite SEO?Ketika anda akan melakukan optimasi mesin pencari atau sering dikenal dengan SEO, mungkin anda akan bertemu dengan banyak istilah, beberapa diantaranya adalah istilah mengenai onsite dan juga offsite SEO. Apa itu offsite dan juga onsite SEO? Bagi anda yang penasaran dengan keduanya mari kita simak lebih lanjut mengenai perbedaan dari kedua jenis SEO ini.

Apa itu offsite dan onsite SEO dan bagaimana cara kerjanya?

Offsite dan onsite SEO adalah dua buah teknik SEO yang sangat populer. Kedua teknik ini dibuat dengan cara yang berbeda. Meski berbeda keduanya akan membantu anda untuk menciptakan internet marketing yang sangat memuaskan karena tugasnya yang saling melengkapi. Karena tugas yang saling melengkapi, offsite dan onsite SEO adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan dan harus dilakukan secara berdampingan. Hal ini penting untuk menunjang kesuksesan dari penggunaan SEO atau Search Engine Optimization.

Lebih Penting Mana Offisite atau Onsite SEO

Lebih Penting Mana Offisite atau Onsite SEO

Onsite SEO

Kedua teknik SEO yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan teknik yang saling melengkapi hal ini disebabkan karena Onsite SEO bekerja untuk menarik perhatian mesin pencari dari situsnya sedangkan offsite SEO bekerja dengan menggunakan link luar ke website yang anda miliki. Keduanya akan bekerja untuk membantu halaman anda mendapatkan rangking yang tinggi pada pencarian yang dilakukan oleh user dari mesin pencari.

Onsite SEO adalah segala cara yang dilakukan untuk mengoptimasi komponen-komponen website sehingga lebih menonjol dari situs yang lainnya. Untuk melakukan Onsite SEO ini ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut antara lain adalah :

  • Nama domain

Salah satu teknik Onsite SEO untuk nama domain adalah dengan memberikan nama yang memiliki nilai jual, mudah disebutkan dan juga singkat. Gunakan domain yang populer dan hindari penggunaan nama-nama website yang mirip dengan website yang populer karena dapat merusak nilai rank site yang anda miliki.

  • Konten yang kaya dan beragam

Untuk membuat website anda populer, anda perlu menggunakan konten yang kaya dan beragam. Konten yang kaya adalah konten yang memiliki informasi yang tepat dengan keyword yang dicari oleh user anda. Selain itu gunakan media-media yang akan membantu meningkatkan nilai dari halaman situs yang anda miliki seperti penggunaan video atau gambar. Gunakan juga meta deskripsi untuk mendeskripsikan halaman website yang anda miliki untuk meningkatkan pengetahuan reader mengenai website anda.

  • Link internal

Internal link adalah link yang menghubungkan satu halaman dengan halaman yang lainnya. Hal ini memberikan nilai yang tinggi dari mesin pencari karena dapat menjadi sebuah tanda bahwa website anda bukan website yang abal-abal dan memiliki konten yang berkaitan satu sama lain dan memiliki sebuah niche.

  • Bounce rate

Ketika anda akan meningkatkan Onsite SEO yang anda miliki maka perhatikanlah Bounce rate yang dimilikinya. Bounce rate yang dimiliki oleh sebuah website sangat penting untuk diperhatikan karena digunakan oleh mesin pencari untuk mengetahui apakah informasi yang dimiliki oleh website anda menarik dan memuaskan atau tidak. Bounce rate adalah perbandingan antara visitor dari website anda dan visitor yang keluar dari website anda atau bouncing setelah melihat konten yang dimilikinya. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun konten yang menarik dan memuaskan user agar nilai bounce ratenya lebih rendah.

Baca juga:  7 Rahasia Teknik Internet Marketing SEO untuk Pemula Bisnis Online

  • Kecepatan kerja dari website yang anda miliki

Bagi anda yang memiliki sebuah website, jangan hanya memperhatikan desain dari halaman yang anda miliki dan juga kontennya. Konten perlu diperhatikan dengan seksama, tapi jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan kerja dari website anda. Pastikan bahwa website anda cukup cepat dan tidak terlalu berat dalam memuat konten-kontennya. Menggunakan gambar dan video yang terlalu besar akan membuat halaman website anda berat dan membuat proses loading lama. Hal ini akan menyebabkan konsumen atau user malas menunggu dan menutup kembali website anda.

Hal-hal yang disebutkan diatas merupakan hal-hal yang wajib dilakukan dan diperhatikan untuk menarik minat dari mesin pencari dalam menempatkan halaman website anda pada page rank yang tinggi. Selain beberapa faktor tersebut masih ada lagi faktor mengenai tags dan juga juga teks anchor yang perlu anda perhatikan.

Offsite SEO

Berkebalikan dengan onsite SEO yang digunakan untuk menarik perhatian dari user dan mesin pencari dengan apa yang dimilikinya, Offsite SEO bertugas untuk manarik perhatian dari mesin pencari dengan hal-hal yang dimiliki oleh sebuah website di luar website itu sendiri. Pasti anda merasa bingung dengan penjelasan yang dilakukan tersebut. Oleh karena itu mari simak penjelasan mengenai Offsite SEO lebih lanjut untuk memberikan anda gambaran yang lebih baik mengenai offsite SEO.

 Artikel lain: Sukses Bisnis dengan Memanfaatkan SEO

Sebuah mesin pencari tidak hanya menimbang rangking sebuah website dengan apa yang ia miliki. Seperti seorang manusia. Ketika kita akan menilai apakah seseorang ini baik atau tidak, kita tidak hanya bisa melihat fitur yang dimilikinya saja. Seseorang mungkin saja pendiam dan memiliki wajah yang ramah, tapi kita tidak bisa menilai bahwa orang tersebut merupakan orang yang ramah dari fitur yang ia miliki tersebut. Kita perlu melihat juga sebaik apa interaksinya dengan orang lain untuk melihat apakah orang tersebut benar-benar orang yang baik atau tidak. Hal ini juga berlaku untuk mesin pencari. Mesin pencari tidak hanya akan melihat fitur yang dimiliki oleh sebuah website saja tapi hubungannya dengan faktor lain. Faktor-faktor yang diperhatikan oleh mesin pencari yang berhubungan dengan Offsite SEO ini antara lain adalah :

  • Link building

Link building adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam Offsite SEO. Jika di onsite SEO ada link internal yang menghubungkan satu halaman anda dengan halaman lainnya dalam sebuah website, di Offsite SEO ada link building yang berarti anda harus memiliki inbound link. Inbound link adalah link dari webite lainnya yang merefer ke website anda. Inbound link yang banyak akan menyebabkan mesin pencari memberikan nilai yang lebih pada website yang anda miliki. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan inbound link ini salah satunya adalah dengan membangun konten yang bermutu.

  • Hubungan dengan sosial media

Saat ini semua orang gila dengan sosial media. Menggunakan sosial media juga dapat sangat berguna untuk meningkatkan rangking dari halaman anda. Pada dasarnya sosial media merupakan website yang memiliki reputasi sehingga memiliki link pada website tersebut akan membantu meningkatkan value dari website yang anda miliki.

Dalam perangkingan website, onsite SEO dan juga offsite memang baik untuk dikembangkan. Tapi keduanya memiliki andil yang sangat besar dalam menentukan ketertarikan mesin pencari. Jika anda hanya mengembangkan salah satunya, website anda akan kalah dari website lainnya yang mengembangkan website dari segi onsite maupun offsite SEO. Jadi bagi anda yang ingin menggunakan SEO sebagai ladang marketing yang efektif, jangan pernah lupa untuk memperhatikan baik onsite SEO ataupun Offsite SEO dari website anda.