Pengertian Internet marketing merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memelihara dan membangun pelanggan melalui kegiatan secara online untuk pertukaran pendapat, produk, dan jasa sehingga akan menghasilkan suatu tujuan bersama dengan kedua belah pihak kelompok. Pemasaran online sudah banyak dilakukan negara-negara diberbagai belahan dunia. Pemasaran dengan menggunakan internet sangat mudah untuk dilakukan dan menekan biaya promosi. Di negara maju internet marketing menghasilkan suatu bisnis yang sangat luar biasa. Di negara maju sekarang ini, internet marketing sangat didukung oleh suatu fasilitas yang memadai, seperti akses internet yang kencang dan cepat dengan jaringan ADSL, Ebank, dan jasa kurir. Sedangkan di Indonesia, pemasaran secara online belum terealisasi dengan baik. Akses internet di Indonesia sangat terbatas untuk masyarakat desa dan sekitarnya. Akses internet di Indonesia sangat cepat dan berjalan dengan baik hanya untuk kota-kota besar saja. E-marketing merupakan suatu proses mempromosikan produk menggunakan media sosial, seperti berupa aplikasi, web, dan situs-situs lainnya. E-marketing dipasarkan melalui pelanggan melalui iklan. Menurut El-Gohay (2010), E-marketing dapat diartikan sebagai praktek bisnis yang modern dan dipandang sebagai filosofi baru yang memasarkan barang, jasa, dan informasi lainnya.

Internet Marketing Sebagai Bisnis yang Menjanjikan

Internet Marketing Sebagai Bisnis yang Menjanjikan

Manfaat Internet Marketing Untuk Bisnis
Pemasaran merupakan suatu bisnis yang sering dilakukan orang untuk menghasilkan keuntungan dengan barang yang dijual ke pelanggan sesuai dengan harga yang ditawarkan dan pelanggan merasa puas dengan barang tersebut. Sekarang ini banyak orang-orang melakukan penjualan secara online dan mempromosikannya melalui media sosial. Media sosial yang digunakan sebagai sarana untuk mengumpan pelanggan terhadap barang yang di iklankan. Bisnis pemasaran secara online kini semakin populer karena lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan bisnis cara pemasaran lain. Berbagai manfaat pemasaran secara online adalah sebagai berikut :

  1. Nyaman dan Mudah Akses
    Keuntungan pemasaran secara online salah satunya adalah kenyamanan terhadap bisnis ini dengan cara menjalankannya. Internet marketing ini sangat mudah untuk dijalankan, seperti di rumah, di kampus, di kantor, ataupun dimanapun berada dengan koneksi internet yang baik. Pembisnis dengan cara online ini dapat membuka bisnisnya sepanjang waktu, seperti buka sehari 24 jam. Selain kenyamanan cara menjalankannya, kemudahan akses juga sebagai manfaat dari internet marketing. Kemudahan akses memberikan kemudahan kepada pemilik bisnis untuk mempromosikan dan mengiklankannya. Selain itu juga, dengan akses yang mudah memberikan kenyamanan terhadap pelanggan yang akan membeli produk dan barang.
  2. Biaya Relatif Murah
    Biaya promosi dan biaya iklan sangat murah jika melakukan bisnis dengan cara internet marketing. Pemilik bisnis mempromosikan barang atau produk dengan cara yang sederhana tapi informasi yang disampaikan akan tersebar ke khalayak yang luas. Biaya promosi yang murah ini, memicu orang-orang untuk memilih bisnis tersebut dengan pemasaran secara online.
  3. Muatan Informasi yang Besar
    Internet marketing tentunya membutuhkan wadah untuk mempromosikan barang atau produknya. Manfaat dari internet marketing adalah adanya informasi dalam jumlah banyak. Perusahaan internet marketing ini biasanya memiliki aplikasi khusus sebagai sarana untuk transaksi dengan pelanggan. Langkah awal pembisnis ini menyebarluaskan aplikasi yang digunakan ke khalayak luas. Dengan adanya aplikasi, pemilik bisnis akan memudahkan untuk komunikasi antara pelanggan dengan pemilik bisnis.

Berbagai pemanfaatan internet marketing dengan tujuan komunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Informasi
    Informasi di dalam internet marketing sangat penting untuk pelanggan sehingga pelanggan akan merasa puas dengan produk dan barang yang ditawarkan. Informasi tersebut, seperti jenis produk dan barang yang dijual, harga produk dan barang, promo dan diskon, serta informasi lainnya yang menunjang kebutuhan pelanggan. Informasi yang lengkap akan mengundang pengunjung untuk pembeli produk dan barang yang ditawarkan.
  2. Membangun Kesadaran
    Internet marketing dalam mempromosikan barang atau produk akan memberikan kesadaran yang lebih efektif dibandingkan dengan bisnis dengan media tradisional. Internet marketing menciptakan kesadaran terhadap pemilik perusahaan memberikan kesadaran terhadap barang atau jasa.
  3. Tujuan Riset
    Bagi perusahaan internet marketing mempunyai tujuan yaitu riset pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengumpulkan informasi tersebut sebagai perbandingan bagi perusahaan-perusahaan lainnya. Riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan akan memudahkan perusahaan internet marketing untuk mengevaluasi.
  4. Percobaan Produk
    Internet marketing tidak terlepas yang namanya dari produk dan barang. Produk yang pertama kali di promosikan akan adanya percobaan terlebih dahulu terhadap ketertarikan pelanggan kepada produk yang ditawarkan. Produk yang sudah di promosikan akan di evaluasi oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan.
  5. Meningkatkan Distribusi
    Perusahaan internet marketing banyak melakukan kerja sama dengan perusahaan lainnya. Setiap perusahaan mempromosikan barangnya masing-masing untuk meningkatkan distribusi produk atau barang. Semakin meningkatnya distribusi barang atau produk akan meningkatkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
  6. Meningkatkan Pelayanan
    Pelanggan yang sering belanja secara online banyak melakukan keluhan-keluhan terhadap kepuasan barang atau produk. Keluhan-keluhan tersebut dapat meningkatkan pelayanan bagi perusahaan internet marketing. Pelayanan perusahaan terhadap pelanggan akan mempengharuhi elektabilitas perusahaan. Penilaian pelanggan atau konsumen akan mempengaruhi barang dan produk yang di tawarkan. Apabila elektabilitas perusahaan menurun, akan memungkinkan kerugian bagi perusahaan. Pelayanan yang baik akan memikat hati para pelanggan sehingga akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Tips-Tips Mendapatkan Banyak Pelanggan
Internet Marketing sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun sangat mudah, tapi tantangan bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak sehingga akan menghasilkan keuntungan yang besar. Sekarang ini banyak banyak sekali pemilik bisnis-bisnis online. Barang dan produk yang dipasarkan oleh setiap perusahaan akan menjadi saingan yang cukup ketat untuk menarik pelanggan. Bebagai cara untuk mendapatkan pelanggan online lebih banyak adalah sebagai berikut :

  1. Informasi Keunggulan Produk
    Informasi keunggulan produk akan mempengaruhi pelanggan dan kosumen. Konsumen akan tertarik dengan barang atau produk yang ditawarkan karena dengan adanya informasi tersebut. Konsumen lebih menyukai keunggulan suatu produk yang ditawarkan.
  2. Informasi yang Menarik Perhatian
    Elektabilitas perusahaan sangat ditentukan dengan ke kreatifitas suatu perusahaan. Promosi dan iklan yang menarik akan mempengaruhi konsumen saat mengunjungi web internet marketing. Konsumen akan lebih tertarik bila adanya foto-foto produk, logo yang menarik, warna yang menarik, dan jenis tulisan yang menarik. Penampilan yang menarik akan memikat pelanggan, sehingga pelanggan membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
  3. Memberikan Kesan Menyenangkan Bagi Pelanggan
    Perusahaan akan mendapatkan Konsumen yang banyak dengan adanya kesan yang menyenangkan yang diberikan oleh perusahaan online. Berikan pelayanan yang baik, packing yang baik, dan pengiriman tepat waktu akan memberikan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan online.
  4. Promosi dan Diskon
    Semua konsumen yang sering berbelanja pasti menyukai harga diskon karena akan mendapatkan harga yang relatif murah. Informasi diskon yang ditawarkan perusahaan akan membuat pelanggan merasa senang dan puas belanja pada toko online tersebut.
  5. Konten yang Menarik
    Konten yang menarik akan berdampak positif bagi perusahaan. Tampilkan konten-konten yang menarik bagi produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan online. Perusahaan akan mengalami keuntungan ketika perusahaan menampilkan konten-konten yang menarik.