8 Cara Memulai Usaha Membuat Jualan Online kamu Menjadi Laris Manis Untuk Pemula Diserbu Pembeli Cepat Laku Dengan adanya toko online dimana-mana dan banyak sekali pilihannya, membuat sebagian besar orang memilih untuk beralih ke toko online ketika ingin membeli sesuatu. Simple dan tidak repot, itulah hal yang dirasakan oleh buyer-buyer yang membeli di toko online. Namun, kehadiran toko online juga tidak secara langsung menggeser posisi toko-toko biasa, karena bagaimana pun sebuah toko online tetap membutuhkan toko offline.

 

8 Cara Memulai Usaha Membuat Jualan Online kamu Menjadi Laris Manis Untuk Pemula Diserbu Pembeli Cepat Laku

8 Cara Memulai Usaha Membuat Jualan Online kamu Menjadi Laris Manis Untuk Pemula Diserbu Pembeli Cepat Laku

Mengenai pembeli, Anda adalah salah satu point yang terpenting dalam transaksi jual beli. Seperti yang kita tahu bahwa yang namanya jual beli harus ada penjual dan pembeli dan sekarang yang menjadi masalah yang dipikirkan adalah bagaimana cara penjual agar bisa menjadikan barang jualannya bisa laku. Mungkin jika penjual di toko-toko biasa banyak yang sudah paham, namun untuk yang berjualan di toko online tentunya memiliki teknik yang berbeda dalam melariskan dagangan.
Berikut akan kami sajikan beberapa cara dan tips untuk bisa melariskan dagangan di toko online.
1. Mulai mencoba

Sengaja tidak kami tuliskan tentang planning dan rencana karena semua orang tentu bisa membuat rencana, tapi hanya sedikit yang melakukannya. Untuk berjualan online tak perlu memikirkan lapak tempat jualan, atau bahkan modal sekalipun tak perlu di pikirkan.

Jika Anda belum memiliki modal, Anda bisa memilih untuk menjadi dropshipper terlebih dahulu. Untuk menjadi dropshipper Anda tak memerlukan banyak modal, mungkin Anda hanya akan membayar uang member dan kuota saja, selebihnya bisa tanpa modal.

2. Memilih barang

Pilihlah barang yang memiliki pontensi tinggi untuk dibeli atau yang banyak orang cari, seperti pakaian, aksesoris badan, dll. Hal ini akan membuat jualan Anda juga memiliki potensi yang lebih tinggi untuk dibeli, atau mungkin Anda akan menjual barang yang jarang orang jual, semisal barang langka itu juga bisa Anda lakukan.

Namun, untuk pebisnis online pemula, alangkah baiknya jika Anda memilih opsi yang pertama tadi. Kemudian Anda juga bisa memilih barang jualan yang sedang trend atau sedang hits, karena barang yang popular tentunya juga akan banyak orang yang mencari dan membelinya.

3. Buat tampilan toko online menarik

Memang tak sedikit orang yang memperhatikan tampilan toko online ketika akan membeli. Namun, hal ini juga terbukti bahwa mendesign tampilan toko online semenarik mungkin bisa menarik banyak pelanggan. Selain itu, tampilan atau foto yang ada di halaman toko bisa menjadi identitas toko dan menunjukkan barang apa yang dijual.

4. Berikan info toko selengkap mungkin
Pembeli tentu tidak bisa langsung mengunjungi toko, maka mau tidak mau Anda juga harus mencari info tentang toko tersebut. Nah, peran informasi toko di sini. Buatlah informasi tentang toko Anda selengkap mungkin karena ini akan sangat membantu bagi pembeli untuk mengetahui lebih banyak tentang toko Anda, dan hindari kata-kata yang terlalu panjang.

Buatlah kata-kata yang simpel namun bisa menjelaskan semuanya. Sebab dengan hal ini pembeli akan dengan cepat dan mudah untuk mengetahui tentang informasi selengkapnya seputar toko Anda.

5. Buat deskripsi barang yang jelas

Perlu diketahui bahwa pembeli ketika memilih barang di toko online, tidak melihat barang secara langsung apalagi menyentuhnya. Pembeli tentunya tak akan puas jika hanya melihat melalui gambar saja. Sebab, bisa saja gambar itu di edit sedemikian rupa agar menjadi bagus. Untuk menghindari kecurigaan pembeli dan juga menunjukkan bahwa barang yang Anda jual itu asli, maka buatlah deskripsi tentang barang tersebut.

Buat deskripsi selengkap mungkin agar pembeli juga merasa jelas barang yang Anda inginkan. Sama seperti poin yang di atas, hindari kata-kata yang terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup dengan kata-kata yang singkat namun bisa menjelaskan secara lengkap.

6. Cari pabrik atau tangan pertama

Ini adalah salah satu cara agar barang yang Anda jual bisa murah. Sebab, jika Anda menyetok barang berasal dari tangan pertama atau bahkan langsung dari pabriknya Anda akan mendapatkan harga yang murah dan bahkan mendapat bonus jika Anda membeli secara grosir. Sehingga Anda juga akan bisa mematok harga yang lebih murah. Penting Anda ketahui jika semakin banyak tangan yang memegang barang tersebut maka semakin tinggi harga barang tersebut.

7. Pahami kemauan pembeli

Di setiap toko-toko online pasti memiliki fitur berupa chat untuk memfasilitasi antara pembeli dan penjual untuk berkomunikasi. Nah, dengan adanya fitur ini pembeli akan menilai pelayanan Anda terhadap pembeli. Usahakan Anda selalu on dan fast respon terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pembeli atau jika Anda jarang on di toko online Anda bisa memberikan keterangan di deskripsi toko atau barang untuk chat di medsos atau yang lainnya. Serta selalu ramah dan jelas dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pembeli.

Ketika pembeli merasa puas, maka Anda akan semakin nyaman dan percaya terhadap toko Anda, bahkan ada kemungkinan juga pembeli akan menjadi langganan di toko Anda.

8. Promosikan barang Anda

Promosi adalah salah satu faktor penting, karena dengan promosi maka akan banyak orang yang tahu akan toko atau barang Anda. Sehingga besar kemungkinan mereka akan mengunjungi toko Anda. Anda bisa mempromisikan barang Anda melalui aplikasi toko online itu sendiri, atau juga bisa mengiklankan produk Anda di medsos. Bagi Anda yang ingin mengiklankan dan mempromosikan produk Anda namun Anda tidak mau keluar uang banyak, Anda cukup mempromosikan produk Anda ke orang-orang terdekat Anda. Manfaatkan istilah ketok magic kepada mereka.

9. Perhatikan kompetitor

Ketika Anda berjualan sudah hampir pasti Anda akan memiliki banyak pesaing, apalagi di toko online. Bahkan tak jarang pula banyak yang menjual barang yang serupa dengan barang yang Anda jual. Pembeli tentunya akan memilih diantara penjual yang sesuai dengan keinginannya. Amati dan teliti terhadap kompetitor-kompetitor Anda, kemudian cari sesuatu yang menjadikan kompetitor Anda lebih unggul. Setelah itu carilah cara agar Anda bisa lebih mengungguli kompetitor Anda dan cari celah agar pembeli lebih bisa lebih percaya terhadap Anda.

10. Utamakan kejujuran

Tentunya di setiap apa yang kita lakukan pasti kita dituntut untuk mengutamakan kejujuran, apalagi dalam hal jual beli. Memang di dalam jual beli online kesempatan untuk curang lebih kecil ketimbang berjualan di toko-toko biasa. Namun apa salahnya jika Anda bersikap jujur dan apa adanya kepada pelanggan. Katakan stok habis jika stok barang Anda memang habis, namun tetap katakan kepada pembeli dan berikan janji yang bisa Anda tepati agar pembeli tidak langsung kecewa.

11. Selalu evaluasi toko Anda

Anda bisa memelakukan evaluasi secara rutin. Meskipun mungkin Anda ketika mengoperasikan toko online sendiri, namun mungkin ada beberapa orang yang berada di balik Anda dalam berkerjasama. Maka dari itu, selalu lakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dikerjakan sehingga ketika menemukan kesalahan bisa segera diperbaiki